Thursday, May 19, 2016

Cara Pintar!!! Selalu Bagi Penghasilanmu Jadi 5 Bagian

Montesky - Masalah keuangan adalah salah satu aspek keseimbangan untuk dapat menjalani hidup bahagia dan penuh makna. Selain dari masalah Spiritual, Kepribadian, Keluarga, Kesehatan Fisik, Sosial, Mental dan Pekerjaan/Karier.
Selalu bersyukur pastinya, apapun yang terjadi dan tidak peduli berapa pun gajimu. Karena menurut saya besar kecilnya gaji/ pendapatan adalah relatif. Tergantung bagaimana mengalokasikan pendapatan itu sendiri untuk memenuhi segala macam kebutuhan.

" Tidak peduli seberapa banyak uang yg kamu dapatkan, selalu ingat untuk membagi uangmu ke dalam 5 bagian yg proporsional. Selalu membuat dirimu berguna."
... Li Ka-Shing ...

Berikut ini Tips ala Li Ka-Shing (pengusaha terkenal dari Hongkong) mengalokasikan pendapatan jadi 5 bagian penting:
  1. Biaya Hidup Sehari-hari (30 %)
  2. Menjamu Teman/ Bergaul (20 %)
  3. Belajar/ Pengembangan Diri (15 %)
  4. Traveling (10 %)
  5. Investasi (25 %)

Biaya hidup; Pilihlah makanan yang murah. Untuk sarapan hanya perlu susu dan telur, makan siang bisa diisi dengan menu sederhana dan buah. Memasak sendiri untuk makan malam dengan menunya cukup dua jenis sayur dan segelas susu sebelum tidur. Selama badanmu masih muda, kemungkinan tidak akan bermasalah dengan pola makan seperti ini. Pertahankan untuk pengeluaran biaya hidup hanya 30 %.

Bergaul; Untuk networking, perluas jaringan pertemanan. Tentunya akan banyak pelajaran yang bisa diambil dengan semakin luas jaringan. Anggarkan biaya pulsa dan menjamu teman kurang lebih 2x dalam sebulan. Usahakan untuk mentraktir orang-orang yang lebih pandai atau memiliki wawasan lebih dari kamu, yang lebih kaya, atau orang-orang yang telah membantu dalam berkarir. Hal ini akan memberikan lingkaran pertemanan yang luar biasa. Akan ada nilai lebih yang dihasilkan.
Ingat, sesuaikan dengan batas pengeluaran untuk ini yaitu sebanyak 20 %.



Belajar; Pisahkan penghasilan untuk membeli buku yang dianggap perlu setiap bulannya. Resapi dan pelajari apa yang diajarkan buku tersebut. Jangan ragu-ragu untuk mengikuti pelatihan/ seminar yang bisa meningkatkan kemampuanmu. Ketika kamu berpartisipasi dalam pelatihan dengan baik, kamu tidak hanya mendapatkan pengetahuan, melainkan kamu juga akan bertemu dengan teman yang memiliki pemikiran yang sama dengan kamu.

Traveling; Manjakan dirimu dengan pergi berlibur minimal 1x dalam setahun. Teruslah tumbuh besar dari pengalaman hidup. Sesuaikan biaya liburan dengan batas pengeluaran untuk ini. Gunakan pengalaman itu supaya kamu tetap semangat bekerja.


Investasi; “Belajarlah untuk berinvestasi. Masukkan uang ke bank sebagai modal awal. Cara termudah adalah datang ke penjual grosir, lalu cari barang yang bisa kamu jual lagi. Saat kamu sudah bisa menghasilkan uang dari bisnis kecil-kecilan ini, kamu akan bersemangat untuk belajar bisnis lebih banyak lagi”



BERSIKAPLAH SEPERTI DI BAWAH INI:
  • Berhematlah Belanja Pakaian
Tekanlah pengeluaran untuk belanja baju dan sepatu. Kamu bisa membeli semua itu ketika kamu kaya. Simpan uangmu dan belilah hadiah untuk seseorang yang kamu sayangi dan ceritakan kepadanya mengenai rencanamu dan target finansial kamu. Ceritakan kepada mereka kenapa kamu sangat berhemat. Ceritakan usaha-usahamu, tujuan dan mimpimu kepada mereka.
  •  Malu, Jika Dalam Setahun Belum Naik Gaji
Setelah kamu berusaha selama setahun dan belum juga naik gaji. Itu artinya kamu belum berkembang sebagai individu. Kamu seharusnya benar-benar malu terhadap diri kamu. Coba pergi ke supermarket dan beli tahu yang paling keras. Ambilah dan hantamkan tahu itu ke kepalamu karena kamu layak mendapatkannya.

  • Jangan Cepat Puas

Saat gajimu naik tapi masih sekitar 15%, itu artinya kamu harus mencari pekerjaan tambahan. Cobalah berjualan. Menjadi pedagang memang menantang, tapi kamu akan banyak belajar soal apa yang bisa diterima pasar dan apa yang tidak. Kamu juga akan bertemu orang-orang yang akan berpengaruh bagi karirmu kelak. Hampir semua pengusaha sukses adalah pedagang yang baik.
  • Tentang Bersikap, Saat Masih Miskin & Saat Sudah Kaya

Jika merasa dirimu miskin, belanjakan uangmu untuk orang lain. Saat kamu sudah kaya, barulah belanjakan uang untuk dirimu sendiri. Kebanyakan orang justru melakukan yang sebaliknya.
  • Kamu Harus Keluar & Rela Dimanfaatkan Saat Miskin

Ketika dirimu masih miskin, keluarlah lebih banyak dan jangan sering di rumah. Saat sudah kaya, kurangilah intensitas keluar dan habiskan lebih banyak waktu di rumah. Ini adalah seni kehidupan yang sering dilupakan orang.
  • Harus Loyal Terhadap Orang Lain, Jangan Foya-foya
Saat kamu masih miskin, belanjakanlah uang agar orang lain bisa melihat. Saat sudah kaya, jangan biarkan orang lain melihat kamu sebagai pribadi yang suka berfoya-foya. Dengan melakukan ini hidupmu akan mencapai titik keseimbangan.

  • Tidak Ada yang Salah Menjadi Muda & Miskin
Yang harus kamu tahu adalah bagaimana berinvestasi untuk meningkatkan kemampuanmu. Kamu harus memahami apa yang paling penting di hidupmu, di bagian mana kamu harus menginvestasikan waktu dan tenaga lebih banyak.
  • Semua Bisa Direncanakan
Hidup bisa didesain, Karir bisa direncanakan, mulailah tentukan langkahmu dari sekarang dengan menerapkan Tips Manajemen Keuangan ala Li Ka-Shing.

Teori yang terkenal dari Harvard : 
"Perbedaan nasib seseorang ditentukan dari apa yang dikerjakan orang tersebut pada waktu luangnya dari jam 20.00 hingga jam 22.00. Gunakan dua jam ini untuk belajar, berpikir dan berpartisipasi dalam diskusi dan pembelajaran yang berarti. Kalau kamu bertahan seperti ini dalam beberapa tahun, sukses akan datang menghampirimu."
 
Semoga Bermanfaat...

No comments:

Post a Comment