Thursday, May 26, 2016

Hentikan Mengkonsumsi Makanan Dengan Vetsin (MSG)

Montesky - Vetsin atau mecin atau monosodium glutamate (MSG) merupakan zat adiktif untuk menguatkan rasa pada makanan. Penggunaan vetsin hingga kini kian banyak dijumpai di berbagai macam makanan. Mengutip halaman healthjournal, ternyata dengan mengkonsumsi vetsin dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita. Mungkin pernah kita lihat orang yang pesan makanan dan selalu bilang "Jangan di kasih vetsin bang..." entah itu bakso, mie ayam, junk food, gado - gado dan lain sebagainya.
Karena mereka tahu bahayanya mengkonsumsi makanan dengan vetsin. 

Katakan tidak untuk vetsin, via: redio.in

Berikut bahayanya mengkonsumsi vetsin (MSG) yang berlebihan, yuk kita simak:

1. Komplikasi Penyakit Ringan

Seperti; Pusing, mual, alergi, leher kaku, mulut terasa kering, tangan kebas, hingga ruam pada wajah. Vetsin bisa membentuk zat alanin yang menghambat penyerapan vitamin B6 oleh tubuh.

Pusing...via: ekahospital.com

2. Obesitas

Seorang ahli nutrisi dari Universitas North Carolina bernama Ka He mengatakan konsumsi vetsin ada kaitannya dengan hormon leptin yang mengatur nafsu makan dan metabolisme. Dalam penelitiannya, orang yang mengkonsumsi vetsin punya lebih banyak leptin. Jelasnya vetsin akan membuat kamu ketagihan sehingga kamu bakal menyantap makanan mengandung vetsin secara terus menerus.

Obesitas...via: alodokter.com

3. Tekanan Darah Tidak Normal

Tekanan darah akan naik pesat atau turun drastis. Nah, buat para ibu hamil juga sangat tidak disarankan untuk menyantap makanan yang mengandung mecin. Konsumsi mecin berlebih untuk ibu hamil bisa menimbulkan sesak dada dan tekanan darah tinggi. Kondisi tersebut, amit-amit, bisa memperbesar resiko serangan jantung yang pasti bisa mengancam kesehatan sang janin.

Tekanan darah, via: alodokter.com

4. Gangguan Pada Penglihatan

Rasa nyeri sekitar mata biasanya bakal menghinggapi sebagai gejala awal. Kemudian, kamu bakal merasakan kabur dan sulit untuk fokus dalam penglihatan.

Gangguan penglihatan...via: dokter.id

5. Potensi Penyakit Jantung

Vetsin besar kemungkinan dapat berdampak buruk terhadap jantungmu. Jantungmu berpotensi untuk berdetak secara tidak normal. Kurangnya suplai darah pada jantung juga bisa bikin nyeri pada dada.
Menurut seorang neurosurgeon asal Amerika Serikat, Dr. Russell Blaylock, akibat konsumsi mecin jantungmu bakal lebih beresiko sakit. Banyak reseptor glutamat ditemukan baik di dalam sistem jantung dan otot jantung, ungkapnya.

Gejala sakit jantung...via: healthcentral.com

6. Kerusakan Sel - Sel Otak

Dr. Blaylock enggak cuma bilang kalau mecin bisa sebabkan sakit jantung. Dalam bukunya Excitotoxins: The Taste That Kills , ia menyebut ada kaitan mecin dengan Alzheimer, parkinson, autisme sampai penyakit ADD (attention deficit disorder). Zat kimia pada MSG bersifat excitotoxin bisa merusak dan mematikan sel-sel otak.

Merusak sel otak..via: vauzee.com

 7. Potensi Tumbuhnya Kanker

Dr. Blaylock mengemukakan penelitan yang bisa membuat generasi mecin bakal mikir-mikir lagi konsumsi makanan bermecin. Penulis buku Excitotoxins: The Taste That Kills tersebut menegaskan bahwa konsumsi glutamat berlebihan mendorong pertumbuhan kanker.
FYI, Dalam produksinya, mecin dibuat menggunakan suhu tinggi dalam jangka waktu lama. Kondisi tersebut bisa membentuk pirolisis yang bersifat karsinogenik, senyawa berbahaya yang berpotensi merangsang munculnya kanker.

Penyakit kanker...via: spesialiskanker.com

Pada awalnya mungkin kamu tidak menyadari kalau mengkonsumsi vetsin berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan. Penyakit - penyakit di atas akan menjemputmu jika kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan vetsin terus dilakukan. Sayangilah kesehatan anda dan keluarga sedini mungkin. Meskipun makanan yang mengandung vetsin terasa gurih dan nikmat, tapi kabar buruk akan selalu menghantui kondisi kesehatanmu. Mendingan mulai sekarang kurang - kurangilah mengkonsumsi makanan dengan vetsin, sebisa mungkin hentikan mengkonsumsinya.


Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment