Monday, May 23, 2016

Cinta Ya Cinta, Titik!!!

Montesky - Apa itu CINTA??? terkadang pertanyaan ini mempunyai jawaban yang berbeda-beda pada setiap manusia. Hal ini sangat wajar dan tidak ada yang salah, karena cinta itu bersifat SUBYEKTIF. Sebagai contoh ada beberapa yang menjawab:
  • Cinta itu anugrah yang diberikan Tuhan kepada sepasang manusia untuk saling memiliki...
  • Cinta adalah perasaan seseorang terhadap lawan jenisnya atas ketertarikannya...
  • Ada juga yang menjawab, cinta adalah perkataan yang penuh makna...
  • Dan lain sebagainya...
Melihat beberapa jawaban di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa "Cinta merupakan suatu perasaan positif yang melibatkan emosi yang mendalam dan diberikan pada manusia atau benda lainnya".Tetapi ada beberapa hal yang perlu di ketahui mengenai cinta:

1. CINTA TIDAK SAMA DENGAN NAFSU

Dua hal yang seringkali membingungkan. Bagaimana membedakannya?
Cinta tahan uji....Nafsu mudah luntur...
Cinta menghargai...Nafsu memanfaatkan...
Cinta itu membahagiakan...Nafsu mengecewakan....
Cinta mengukir tawa...Nafsu menggoreskan tangis...
Cinta ingin selalu memberi...Nafsu berhasrat ingin selalu memiliki...
Cinta ingin menyayangi... dan Nafsu hanya ingin menggerayangi...

Daya tarik fisik merupakan sinyal awal tumbuhnya nafsu. Artinya rasa tertarik karena faktor fisik, belum tentu cinta. Cinta sejati lebih memperhatikan nilai - nilai yang dimiliki seseorang yang dicintai. Setujuuu???

2. CINTA TIDAK SAMA DENGAN KEROMANTISAN 

Perasaan romantis memang luar biasa dalam membina suatu hubungan. Namun, keromantisan dan cinta tidaklah sama. Keromantisan merupakan perasaan, sedangkan cinta sejati memiliki makna yang jauh lebih dalam. Meskipun begitu, keromantisan adalah hal yang sangat penting dalam cinta. 

3. CINTA TIDAK SAMA DENGAN TERGILA-GILA

Yang dimaksud tergila - gila di sini adalah adanya daya tarik dan gairah yang kuat dalam diri seseorang terhadap lawan jenisnya. Selalu memikirkan dia siang dan malam, pikirannya selalu tersita oleh orang itu, sampai tidak berkonsentrasi pada hal lain.
Kata lain tergila-gila adalah puppy love atau cinta monyet. Biasanya saat orang jatuh cinta atau cinta pada pandangan pertama, dia akan berbicara perasaan yang tergila-gila. Perasaan ini lebih dalam bentuk obsesi, hasrat yang menggebu-gebu karena masih baru, tetapi seiring berjalannya waktu, perlahan perasaan ini expired. Apalagi banyak yang menggoda di luar sana...Akhirnya cinta monyet akan hilang, tinggal monyetnya mencari kegilaan baru. Ikut prihatin, heee....

4. CINTA TIDAK SAMA DENGAN SEKS 

Cinta merupakan proses....Seks merupakan suatu tindakan...
Cinta bisa dipelajari...Seks merupakan naluri...
Cinta butuh perhatian terus menerus...Seks tidak perlu...
Cinta butuh waktu untuk berkembang dan menjadi dewasa...Seks no need...
Cinta butuh interaksi emosional dan rohani...Seks hanya butuh interaksi fisik...
Cinta membuat hubungan makin dalam...Seks tanpa cinta membuat  hubungan jadi renggang...
Bahkan tak jarang orang berpacaran hanya untuk kikuk, sekali ketemu kikuk, ketemu kikuk lagi, koq gak bosen yah kegiatannya cuma kikuk aja...


Pada dasarnya, ada 3 perilaku dalam membina hubungan dengan orang lain;
1 - "Aku mencintaimu, jika..." atau disebut cinta bersyarat (cinta jika).
Contoh: Aku mencintaimu jika kamu mau berhubungan seks denganku, atau aku mencintaimu jika kamu membelikan cincin untukku.
Cinta seperti ini akan selalu mengikat selama syarat terpenuhi atau hubungan itu baik - baik saja. Begitu sebaliknya, jika syarat tidak terpenuhi, cinta itu pupus/ kandas di tengah laut. Artinya "Cinta jika" bukan didasarkan pada cinta sejati.

2 - "Aku mencintaimu, karena..." atau "Cinta karena"
Seseorang mencintai orang lain karena sesuatu yang dimiliki atau dilakukan orang itu.
Contoh: Aku mencintaimu karena kamu cantik, seksi, baik dll.
Kedengarannya cinta seperti ini cukup bagus. Namun jika dasar cintamu tidak lebih dalam dari apa yang sekadar terlihat dan dimiliki atau dilakukan seseorang, maka cinta itu tidak akan bertahan lama. Artinya "Cinta karena" bukanlah cinta sejati. Maksudnya apakah hanya karena itu cinta akan bertahan, bagaimana kalau terjadi perubahan pada sesuati yang dimiliki atau dilakukan.

3 - "Cinta ya Cinta, Titik!!!"
Jenis cinta ini adalah cinta tanpa syarat. Cinta ini mengatakan "Aku mencintaimu meski kamu mengalami banyak perubahan. Tak ada sesuatupun yang dapat kamu buat untuk memadamkan cintaku".
  • Cinta jenis ini benar - benar mengenal secara mendalam orang yang dicintainya.
  • Menyadari kemungkinan terjadinya kegagalan, kekurangan dan kesalahan orang itu.
  • Tak ada cara untuk mengusahakan cinta jenis ini, tapi sebaliknya kau juga tak dapat kehilangan cinta yang seperti ini.
  • Cinta jenis ini tidak ditentukan oleh menarik tidaknya dia atau nilai - nilai yang disukai pihak lain.
Nafsu, keromantisan, perasaan tergila-gila, seks, "cinta jika" dan "cinta karena" mempunyai kesamaan ingin mendapatkan sesuatu dari orang lain. Sebaliknya, cinta sejati suka memberi kepada orang lain.

CINTA YA CINTA, TITIK! CINTA YANG TANPA PERLU SYARAT, KARENA HAKIKAT CINTA TIDAK MENCARI KESEMPURNAAN, TAPI CINTALAH YANG MEMBUAT KESEMPURNAAN.

Catatan:
Berhati - hatilah ketika menjalin suatu hubungan. Selidikilah apakah motivasinya. Jangan sampai kamu membuang - buang waktu, energi, materi dan kesempatanmu hanya untuk hal yang sia - sia. Hanya untuk seseorang yang tak akan menjadi pendamping hidupmu selamanya, apalagi untuk seseorang yang mudah datang dan pergi. Lebih baik menunggu yang benar - benar akan menjadi teman setia, selamanyaaaaa...

Semoga Bermanfaat...


No comments:

Post a Comment